ANALISIS KOMPARASI KEPUASAN PELANGGAN ALFAMART DAN INDOMARET DI KAKASKASEN 2 TOMOHON

Authors

  • Bryan Darise Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanaw Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Salah satu bentuk perusahaan yang banyak berkembang pada saat ini yaitu minimarket, dimana minimarket merupakan pasar swalayan yang hanya memiliki satu atau dua mesin register atau mesin kasir. Selain hal tersebut, minimarket juga hanya menjual produk-produk kebutuhan dasar rumah tangga yang telah dipilih terlebih dahulu. Untuk memenangkan persaingan yang tinggi, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan yang baik pada pelanggannya. Tentu segala upaya harus dilakukan oleh perusahaan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan sehingga harapan pelanggan terpenuhi dan selanjutnya mau untuk datang kembali. Strategi jitu sangat diperlukan untuk merebut hati pelanggan dengan memperhatikan kualitas pelayanan, salah satunya kebijakan harga dan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan dapat loyal terhadap bisnis ritel yang akan menimbulkan banyak keuntunganTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Kepuasan Pelanggan Alfamart dan Indomaret di Kakaskasen 2 Tomohon. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. adalah 70 orang pada Alfamart di Kakaskasen 2 Tomohon dan 70 orang pada di Kakaskasen 2 Tomohon. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji dengan menggunakan analisis uji beda (Independent Sample t-Test). Hasil penellitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan pelanggan Alfamart dan Indomaret di Kakaskasen 2 Tomohon.

Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Alfamart, Indomaret

Downloads

Published

2023-10-02