DAMPAK PERIKLANAN ONLINE, E-WOM, DAN CONTENTMARKETING TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI PRODUK HEALTHY FOOD DI MANADO PADA MASA NEWNORMAL

Authors

  • Andre Gideon Komaling Unsrat
  • Silvya L. Mandey
  • Jane Grace Poluan

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51751

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang sangat berpengaruh dalam proses keputusan pembelian pada konsumen. Oleh karena itu, jika tanpa tujuan dan target yang ditetapkan dalam pengukuran maka Keputusan Membeli pada seseorang atauKeputusan Membeli organisasi tidak mungkin dapat diketahui bila tidak ada tolak ukur keberhasilannya Lewat permasalahan diatas mungkin dapat dapat berpengaruhpada Keputusan Membeli dengan adanya promosi, E-WOM dan Content Marketingpada objek penelitian. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui DampakPeriklanan Online, E-WOM, dan Content Marketing Terhadap Keputusan MembeliProduk Online Healthy Food Pada Masa New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan healthy food di Karombasan Utara Lingkungan 3 sebanyak 133 orang, sample yang diambil penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus slovin, dan teknik analisis menggunakan teknik Analisis Regresi Linear Berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik penyebaran kuesioner dan teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel promosi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, variabel E- WOM berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, dan variabel Content Marketing berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Simpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan Keputusan Membeli organisasi dapat dicapai melalui pembaharuan profesionalisme, kreativitas, dan kesejahteraan. Saran bagi Karombasan Utara Lingkungan 3 adalah Penting bagi pihak Karombasan Utara Lingkungan 3 agar memperhatikan internal dan Content Marketing yang menjadi determinan Keputusan Pembelian Konsumen.

Kata Kunci: Periklanan Online, E-WOM, Content Marketing, Konsumen, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2023-11-02