Pengaruh Komunikasi Internal, Kompetensi Guru, dan Desain Pelatihan terhadap Efektivitas Kerja Guru SMA/SMK Katolik di Kota Tomohon

Authors

  • Patricia Alfiani Porayow Sam Ratulangi Manado
  • Rita N. Taroreh Universitas Sam Ratulangi
  • Jacky. S.B. Sumarauw

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51807

Abstract

Efektivitas Kerja sangat penting terutama dalam lingkup sekolah karena dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sekolah melalui keberhasilan kerja Guru. Disamping itu, komunikasi internal yang berjalan dengan baik, kompetensi dari guru yang lebih ditingkatkan dan juga di dukung dengan desain pelatihan yang dirancang dengan baik dapat menjadi penunjang dalam mencapai tujuan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Komunikasi Internal, Kompetensi Guru, dan Desain Pelatihan terhadap Efektivitas Kerja Guru baik secara simultan maupun parsial yang berjumlah 43 responden Guru tersertifikasi di SMA/SMK Katolik Kota Tomohon. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Komunikasi Internal, Kompetensi Guru, dan Desain Pelatihan secara simultan ataupun parsial berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas kerja Guru. Untuk sekolah SMA/SMK Katolik di Kota Tomohon sebaiknya lebih memperhatikan komunikasi internal dan kompetensi Guru, agar dapat meningkatkan efektivitas kerja Guru SMA/SMK Katolik di Kota Tomohon.

Kata Kunci : Komunikasi Internal, Kompetensi Guru, Desain Pelatihan, dan Efektivitas Kerja

Downloads

Published

2023-10-20