ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PANGKALAN GAS LPG 3 KG PERTAMINA VERA LUMINTANG DI DESA POOPO PADA MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51839Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan pangkalan gas LPG 3 kg Pertamina Vera Lumintang di Desa Poopo pada masa pandemi Covid 19. Dalam penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif, Pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan cara Triangulasi yaitu wawancara, observasi langsung dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tahappengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pangkalan Gas LPG 3 Kg Pertamina Vera Lumintang sudahbaik dan tepat dengan menerapkan segmentasi pasar, targeting dan positioning. Pada masa pendemi Covid 19 pangkalan gas LPG 3 kg Pertamina Vera Lumintang tidakmemiliki strategi khusus karena pada saat pandemi Covid 19 berlangsung tidak berpengaruh dalam proses penjualan.
Kata kunci: strategi pemasaran