ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI RUMAH MAKAN VAREL PINELENG

Authors

  • Natasya Legi Mahasiswa
  • Sri Murni Universitas Sam Ratulangi
  • Jeffry L. A. Tampenawas Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh Rumah Makan Varel dalam meningkatkan penjualan produk. Untuk menganalisis strategi yang dilakukan dengan menggunakan baurang pemasaran (marketing mix)  yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place and Promotion). Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan sampel satu pemilik/owner dan empat pelanggan. Penelitian ini juga menggunakan alat analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threat).  Dari penelitian ini diperoleh hasil tabel matriks IFAS dan tabel matriks EFAS. Nilai dari IFAS adalah 3,23 dan nilai EFAS adalah 3,2. Dari masing-masing matriks tersebut terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan penjualan produk pada Rumah Makan Varel. Pada analisis tersebut menyatakan bahwa pada diaagram SWOT 4 kuadran Rumah Makan Varel berada pada kuadran I yang berarti strategi yang tepat untuk meningkatkan penjualan adalah strategi agresif, yang dimana hasilnya perusahaan masuk ke dalam fase growth yang berkonsentrasi melalui integrasi horizontal dimana perusahaan telah berkembang dan menjadi kuat serta mempunyai peluang yang besar untuk maju.

.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS

Downloads

Published

2023-11-03