Analisis Kinerja Pelayanan Publik dan Responsivitas Pegawai Di UPTD Puskesmas Kotabunan

Authors

  • Magfira Annamira Ambarak Fakultas ekonomi
  • Olivia S. Nelwan, SE.,MSi
  • Mirah H. Rogi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.51976

Abstract

Penelitian dengan berjudul analisis kinerja pelayanan publik dan responsivitas pegawai di UPTD Puskesmas kotabunan ini bertujuann untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan publik dan responsivitas pegawai ditempat itu, penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menngunakan observasi, wawancara dan dokumen, yaitu dengan mewawancarai pegawai, staff dan pasien di Puskesmas tersebut. Dengan hasil bahwa pelayanan publik terkait keamanan pelayanan UPTD Puskesmas Kotabunan sudah terjamin keamanannya. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan salah satu masyarakat bahwa pasien yang sedang berobat di poli umum ini merasa puas dengan keamanan walaupun belum lengkap dengan cctv yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Kotabunan dan hasil responsivitas pegawai terkait kesopanan dan keramahan petugas UPTD Puskesmas Kotabunan sudah terlihat sopan ramah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan pernyataan salah satu masyarakat bahwa pasien yang sedang berobat di poli umum ini merasa puas dengan kesopanan dan keramahan petugas yang diberikan oleh UPTD Puskesmas Kotabunan. 

Kata Kunci: kinerja pelayanan publik, responsivitas pegawai

Downloads

Published

2023-10-31