ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, KEPERCAYAAN, DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SHOPEE BITUNG

Authors

  • Brigitte Manus UNIVERSITAS SAM RATULANGI
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Mirah Hellen Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52062

Abstract

Loyalitas pelanggan adalah hubungan positif yang berkelanjutan antara pelanggan dan bisnis. Pelanggan yang loyal akan menjadi bagian terpenting perusahaan saat pelanggan yang loyal menjadi promotor gratis bagi produk perusahaan. Perusahaan harus memposisikan pelanggan yang loyal sebagai prioritas utama karena  pelanggan yang loyal akan membawa pelanggan-pelanggan baru bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Costumer Satisfaction, Trust dan Coorporate Reputation  terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Bitung baik secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dimana penelitian ini berusaha mencari atau menganalisis hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode analisis data adalah regresi linear berganda, uji F dan  uji t. Hasil penelitian menemukan bahwa Costumer Satisfaction, Trust dan Coorporate Reputation secara bersama berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Bitung. Costumer Satisfaction dan Trust secara sendiri berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Bitung. Coorporate Reputation tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee Bitung.

 

Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Customer Satisfaction. Trust, Coorporate Reputation.

Downloads

Published

2023-11-02