PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DAPUR HOT DI DESA TATELU, KECAMATAN DIMEMBE, KABUPATEN MINAHASA UTARA

Authors

  • Dinda Pritty Ponomban Sam Ratulangi University
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Debry Ch. A. Lintong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52100

Abstract

Keputusan pembelian pilihan yang diambil konsumen sebelum membeli produk. Proses pengambilan keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Adanya kecenderungan pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap keputusan yang dilakukan oleh konsumen menginsyaratkan bahwa manajemen perusahaan perlu mempertimbangkan aspek perilaku konsumen, terutama proses pengambilan keputusan pembeliannnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli langsung/pemesanan melalui media sosial pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara dari bulan Januari 2022 s/d bulan April 2022, yang berjumlah 2502 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 96 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk, harga, dan digital marketing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Digital Marketing, Keputusan Pembelian

Author Biography

Agus Supandi Soegoto, Universitas Sam Ratulangi

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian sepeda motor pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli langsung/pemesanan melalui media sosial pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara dari bulan Januari 2022 s/d bulan April 2022, yang berjumlah 2502 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 96 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, dan digital marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk, harga, dan digital marketing secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UMKM Dapur Hot di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara.

 

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Digital Marketing, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2023-11-02