PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, DIVIDEND PAYOUT RATIO, LOAN TO DEPOSIT RATIO, NET INTEREST MARGIN, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN PADA INDEKS LQ45 DI BURSAEFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2021

Authors

  • Dharma Aldy Posumah Universitas Sam Ratulangi
  • Ivonne Stanley Saerang
  • Lawren Julio Rumokoy

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio, Dividend Payout Ratio, Loan to Deposit Ratio, Net Interest Margin, dan Capital Adequacy Ratio terhadap Harga Saham pada perusahaan perbankan dalam indeks LQ45 di BEI periode 2014-2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan sampel sebanyak 4 emiten. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel dengan menggunakan program STATA versi 17. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa DER dan DPR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Harga Saham, LDR berpengaruh positif signifikan terhadap Harga Saham, NIM berpengaruh negatif signifikan terhadap Harga Saham, dan CAR berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan secara stimultan DER, DPR, LDR, NIM, CAR berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham.

 

Kata Kunci : debt to equity ratio, dividend payout ratio, loan to deposit ratio, net interest margin, capital adequacy ratio.

Downloads

Published

2023-11-05