PENGARUH PARTNER RELATIONSHIP MARKETING DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS DISTRIBUTOR PADA PT. GENERAL AROMATICS (BRANCH SULUT)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i4.52341Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Partner Relationship Marketing dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Distributor pada PT. General Aromatics (Branch Sulut). Selain itu, penelitian juga akan mengevaluasi apakah Kepuasan Distributor dapat memoderasi hubungan antara Partner Relationship Marketing dan Loyalitas Distributor, serta hubungan antara harga dan Loyalitas Distributor. Penelitian ini berfokus pada industri minyak nilam di Sulawesi Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Partner Relationship Marketing dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan, serta Partner Relationship Marketing, Persepsi Harga dan Kepuasan Distributor terhadap Loyalitas Distributor. Selain itu, terdapat hubungan yang signifikan antara Partner Relationship Marketing melalui dan Persepsi Harga melalui Kepuasan Distributor terhadap Loyalitas Distributor. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teknik analisis jalur. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Partner Relationship Marketing dan Kepuasan Distributor, Persepsi Harga dan Kepuasan Distributor, serta Kepuasan Distributor dan Loyalitas Distributor pada PT. General Aromatics (Branch Sulut). Selain itu, juga terdapat pengaruh signifikan antara Partner Relationship Marketing dan Loyalitas Distributor melalui Kepuasan Distributor sebagai variabel intervening, serta Persepsi Harga dan Loyalitas Distributor melalui Kepuasan Distributor sebagai variabel intervening. Penelitian menemukan bahwa Partner Relationship Marketing dan Persepsi Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan dan Loyalitas Distributor PT. General Aromatics (Branch Sulut).
Kata Kunci: partner relationship marketing, persepsi harga, kepuasan distributor dan loyalitas distributor