PENGARUH PERSEPSI KUALITAS, KOMITMEN AFEKTIF, DAN BRAND EXPERIENCE TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI PADA KONSUMEN J&T MANADO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53521Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kualitas, komitmen afektif dan brand experience terhadap loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan sampel sebanyak 100 responden dan menggunakan teknik Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan T. Hasil dari uji hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan Persepsi Kualitas memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Loyalitas Merek, Komitmen Afektif dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Loyalitas Merek, dan Brand Experience memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap Loyalitas Merek. Secara simultan, Persepsi Kualitas, Komitmen Afektif, dan Brand Experience berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Merek. Untuk J&T Manado agar meningkatkan dan mempertahankan Persepsi Kualitas, Komitmen Afektif, dan Brand Experience nya lagi sehingga dapat lebih menarik konsumen dalam membuat loyalitas merek sehingga loyal pada merek yang mereka gunakan.
Kata Kunci: persepsi kualitas, komitmen afektif, brand experience, loyalitas merek