PENGARUH EKUITAS MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE XIAOMI OLEH MAHASISWA FEB UNSRAT

Authors

  • Selesta Regina Nukak universitas sam ratulangi
  • Djurwati Soepeno
  • Sjendry S.R. Loindong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53799

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk smartphone xiaomi oleh mahasiswa FEB Unsrat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif mahasiswa FEB Unsrat, yang berjumlah 362 orang. Besarnya sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin adalah 78 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ekuitas merek dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone oleh mahasiswa FEB Unsrat.

 

Kata Kunci: ekuitas merek, kualitas pelayanan, keputusan pembelian

Downloads

Published

2024-01-17