PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN UMKM KULINER KECAMATAN SONDER KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53848Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh digital marketing dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian umkm kuliner kecamatan sonder kabupaten minahasa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah digital marketing, dan keunggulan bersaing sebagai variabel independen, dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasinya adalah konsumen UMKM yang ada di Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang disebar kepada konsumen UMKM kuliner Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Jumlah sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan digital marketing dan keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Digital Marketing, Keunggulan Bersaing Dan Keputusan Pembelian