PENGARUH TINGKAT PROFITABILITAS, SOLVABILITAS DAN RASIO PASAR TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING PERUSAHAAN YANG IPO DI BURSA EFEK INDONESIA SETELAH PEMBERLAKUAN E-IPO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53914Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh tingkat Profitabilitas, Solvabilitas, Rasio Pasar, dan Ukuran Perusahaan secara parsial terhadap tingkat underpricing perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia setelah pemberlakuan Electronic Initial Public Offering (E-IPO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, tuingkat Profitabilitas, Solvabilitas, Rasio Pasar, dan Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat Underpricing saham perusahaan yang melakukan IPO melalui E-IPO. Selain itu, secara simultan, variabel-variabel tersebut juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat underpricing saham selama periode E-IPO di Bursa Efek Indonesia.
Kata Kunci: E-IPO, profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, rasio pasar.