PENGARUH ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI BANK SULUTGO KC CALACA

Authors

  • Javier Efraim Johanis None universitas sam ratulangi
  • Victor P. K. Lengkong
  • Irvan Trang

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh organizational citizenship behaviour dan locus of control terhadap kepuasan kerja pegawai Bank Sulutgo KC Calaca baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 orang pegawai tetap Bank Sulutgo KC Calaca yang di dapatkan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa organizational citizenship behaviour dan locus of control secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Bank Sulutgo KC Calaca. Organizational citizenship behaviour secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Bank Sulutgo KC Calaca, locus of control secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai Bank Sulutgo KC Calaca. AirNav Indonesia Cabang Manado harus memperhatikan kebahagiaan dari karyawan agar bias mencapai prestasi yang lebih maksimal. Bank Sulutgo KC Calaca sebaiknya meninjau kembali penerapan organizational citizenship behaviour yang sudah dijalankan, melihat hasil olah data yang dimana organizational citizenship behaviour memiliki angka yang lebih kecil dibandingkan locus of control. Ini perlu menjadi perhatian karena aspek ini merupakan hal penting di industri perbankan.

 

Kata Kunci: Organizational Citizenship Behaviour, Locus of Control, Kepuasan Kerja

Downloads

Published

2024-03-13