Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment, dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi

Authors

  • Rosa Elita Simarmata Universitas Sam Ratulangi
  • Ivonne Stanley Saerang
  • Lawren Julio Rumokoy

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment, dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian analisis regresi linier berganda. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan literatur. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah purposive sampling yaitu teknik non probability sampling. Responden dari penelitian ini sebanyak 97 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi dari angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Literasi Keuangan berpengaruh negatif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa, secara parsial Penggunaan Digital Payment berpengaruh positif terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa, secara parsial Self Control berpengaruh negatif terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa, dan secara simultan Literasi Keuangan, Penggunaan Digital Payment, dan Self Control berpengaruh secara bersama-sama terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.

 

Kata Kunci : Literasi Keuangan, Digital Payment, Self Control¸ Perilaku Konsumtif.

Downloads

Published

2024-01-26