STRATEGI EXPERIENTIAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS PADA ALFAMART

Authors

  • Hizkia Lim Masinna Universitas Sam Ratulangi
  • Sri Murni Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda W. J. Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.54802

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi experiential marketing dalam meningkatkan loyalitas konsumen ditinjau dari etika bisnis pada Alfamart. Pemahaman akan perilaku konsumen adalah tugas penting bagi para pemasar. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen. Tapi bagaimanapun juga ketidakpuasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada. Beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran sehingga mereka tidak berorientasi pada konsumen dan tidak memandang kepuasan konsumen sebagai tujuan utama. Lebih jauh lagi karena alat menganalisis perilaku konsumen tidak pasti, para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan secara akurat apa sebenarnya yang dapat memuaskan para pembeli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Experiential marketing dalam meningkatkan pembelian konsumen sudah berjalan dengan baik yaitu promosi yang dibuat oleh Alfamart Girian Indah Bitung yaitu promosi kualitas produk yang ditawarkan merupakan modal utama yang dapat menarik minat konsumen. kebersihan ruangan di Alfamart Girian Indah Bitung selalu terjaga dengan sangat baik sehingga dapat menarik minat pembeia untuk dapat berbelanja di Alfamart dan juga produk-produk yang dijual di Alfamart Girian Indah Bitung sangat terjamin.

 

Kata Kunci:  Experiential Marketing, Loyalitas Konsumen, Etika Bisnis

Downloads

Published

2024-03-15