PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI GAME ONLINE MOBILE LEGENDS (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI SULAWESI UTARA)

Authors

  • Joshua J.A. Pangow Universitas Sam Ratulangi
  • Willem J.F.A Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. Samadi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i2.55143

Abstract

Mobile Legends adalah game yang berbasis di platform Android dan IOS yang merupakan game interaktif dengan membuat akun player yang dapat memainkan karakter (hero) yang bertujuan untuk mencapai kemenangan apabila bisa menghancurkan base musuh dan mempertahankan main base dari serangan musuh. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aplikasi game online Mobile Legends di Sulawesi Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kulitas produk dan citra merek terhadap kepuasan konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 100 responden pengguna aplikasi game online Mobile Legends dengan menggunakan teknik pengambilan sampel probability sample. Jenis penelitian ini adalah uji kausal dimana untuk mengetahui hubungan atau pengaruh antara suatu bahkan lebih variabel terikat. Metode penelitian menggunakan analisis regresi liniear berganda dengan bantuan pengelolahan data menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan citra merek secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi game online Mobile Legends di Sulawesi Utara.

 

Kata Kunci: kualitas produk, citra Merek,  kepuasan konsumen

Downloads

Published

2023-04-23