ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP TIPE SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DI KECAMATAN PINELENG STUDI KASUS SEPEDA MOTOR BEAT, VARIO DAN SONIC
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap sepeda motor Beat,Vario dan Sonic metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Procces (AHP) adalah sebuah pendekatan matematis yang digunakan untuk mengambil keputusan dalam situasi yang melibatkan beberapa kriteria dan alternatif. Metode ini dikembangkan oleh Thomas L Saaty pada tahun 1980-an dan telah banyak digunakan dalam berbagai bidang termasuk manajemen, ekonomi, teknik dan ilmu socialBerdasarkan perhitungan global priority dan bagan struktur hirarki di atas, diperoleh Beat 0,36, Vario 0,39 dan Sonic 0,25. Dengan demikian dapat diambil keputusan bahwa preferensi konsumen sepeda motor di kecamatan Pineleng adalah Honda Vario. Jadi disarankan dan direkomendasikan kepada konsumen yaitu sepeda motor honda vario ketika melakukan pembelian sepeda motor Vario. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria kelengkapan didapat bahwa beat 0,35, vario 0,42 dan sonic 0,23. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria transivitas yaitu Vario 0,39, Beat 0,36 dan Sonic 0,25. Transivitas menempati rangking ketiga pada perbandingan kriteria yaitu 0,21. Perbandingan berpasangan dari ketiga alternatif berdasarkan kriteria kesinambungan yaitu Beat 0,38, Vario 0,37 dan sonic 0,26. Kesinambungan menempati rangking kedua pada perbandingan berpasangan antar kriteria yaitu 0,27. Perbandingan berpasangan antar alternatif berdasarkan kriteria lebih banyak lebih baik yaitu Beat 0,36 Vario 0,38 dan Sonic 0,26. Lebih banyak lebih baik menempati rangking keempat pada perbandingan berpasangan antar kriteria yaitu 0,17.
Kata Kunci: Preferensi, Kelengkapan, Transivitas, Kesinambungan, Lebih banyak lebih baik