PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PADA BISNIS KULINER RESTORAN HAPA KITCHEN DI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i2.56128Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui promosi apa yang digunakan Hapa Kitchen di Manado dalam akun media sosial Instagram dan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang membuat akun Instagram Hapa Kitchen di Manado aktif sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengambilan data menggunakan teknik wawancara observasi dengan informan manajer, waiter/karyawan, dan konsumen pada Hapa Kitchen Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan Hapa Kitchen Manado menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosi yaitu gambar yang di hasilkan Instagram jelas dan dapat memuat vidio, sosial media merupakan media yang mudah untuk promosi, cocok untuk promosi di bidang kuliner, penguna terbesar Instagram adalah anak muda sesuai dengan target pasar Hapa Kitchen, mudah untuk mencari lokasi, dan Penyebarannya cepat, hanya menggunakan hastag. Strategi promosi yang digunakan oleh Hapa Kitchen Manado pada akun instagram yaitu iklan makanan sehat dan berbagai macam desert yang tersedia, serta tempat menarik instagramabel, yang merupakan hasil review dari tiktoker/influencer Manado serta diskon atau potongan harga.
Kata Kunci: Promosi, Media Sosial