PENGARUH STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PENJUALAN PADA COFFE SHOP PULANG MANADO

Authors

  • Leoni Virginia Roel Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i2.56129

Abstract

Segmenting, targeting, dan positioning merupakan salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan atau strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target konsumen. dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh segmenting, targeting, dan positioning terhadap kinerja penjualan pada Cofee Shop Pulang Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Coffee Shop Pulang Manado dalam membeli produk minuman kopi. Besarnya sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Dengan uji ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa segmenting berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan, targeting berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan, dan positioning berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja penjualan. Segmenting, targeting, dan positioning berpengaruh terhadap kinerja penjualan pada Cofee Shop Pulang Manado.

 

Kata Kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Kinerja Penjualan

Downloads

Published

2024-06-23