Pengaruh Segmentasi Psikografis dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Cabang Megamall Manado

Authors

  • Filipi Fenesia Wongkar Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya Lefina Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R. Loindong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan segmentasi psikografis dan inovasi produk berpengaruh guna mendapatkan keputusan pembelian konsumen brand Erigo Cabang Megamall Manado. Jenis pendekatan kajian yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Jenuh. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang dibagikan kepada 120 responden konsumen produk Erigo di kota Manado. Model pengelolaan data yang digunakan untuk menganilisis data adalah regresi linear berganda dari software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini F hitung yang diperoleh adalah 234.134 > 2,68 dan tingkat signifikan yang diperoleh adalah 0,00 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa segmentasi psikografi dan inovasi produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Erigo cabang Megamall Manado. Variabel segmentasi psikografi secara parsial berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dikarenakan nilai t hitung 3,327 > t tabel 1,981 dengan tingkat signifikan sebesar 0,01 < 0,05. Variabel inovasi produk secara parsial berpengaruh postif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dikarenakan nilai t hitung 9,606 > t tabel 1,981 dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Maka dari itu, dapat disumpulkan bahwa variabel segmentasi psikografis dan inovasi produk, terbukti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian produk Erigo Cabang Megamall Manado.

Kata Kunci : Segmentasi Psikografis, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian.

Downloads

Published

2024-07-23