PENGARUH SEGMENTING DAN STRATEGI PRODUK TERHADAP MINAT NASABAH INVESTASI EMAS PADA BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG MANADO MANTOS
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56156Abstract
Peningkatan kebutuhan keuangan merupakan fenomena yang semakin mengemuka di era modern, dipicu oleh berbagai faktor sepertiinflasi, urbanisasi, peningkatan biaya hidup, dan perubahan gaya hidup. Tabungan masa depan yang dijadikan aset produktif merupakan bagiandari kegiatan investasi untuk menjadi solusi tersebut. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh segmenting dan strategi produkterhadap minat nasabah investasi emas pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Manado Mantos. Jenis pendekatan kajian yaknipendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Dasar penentuan sampel pada kajian ini yakni pada nasabah yang telahmembuka rekening produk cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KC Manado Mantos. Besarnya besaran sampel sejumlah 132 respondendengan metode Purposive Sampling. Hasil dari penelitian inimenunjukan secara simultan variabel Segmenting (X1) dan Strategi Produk (X2) berpengaruh terhadap Minat Nasabah (Y), sedangkansecara parsial variabel Segmenting (X1) dan Strategi Produk (X2) secarabersama berpengaruh terhadap Minat Nasabah (Y).
Kata Kunci: Segmenting, Strategi Produk, dan Minat Nasabah