ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FEB UNSRAT

Authors

  • Hermon Rumengan Universitas Sam Ratulangi
  • Lucky Dotulong Universitas Sam Ratulangi
  • Christoffel Mintardjo Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas dan menganalisis pengaruh variabel independen (pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan motivasi diri) terhadap variabel dependen (minat berwirausaha) baik secara terpisah maupun bersama - sama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. “Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner. Dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Metode analisis data menggunakan teknik statistik seperti uji validitas dan uji reliabilitas untuk kuesioner, analisis regresi linear berganda dengan uji asumsi klasik untuk kelayakan model uji-F dan uji-t untuk pembuktian hipotesis dengan menggunakan software SPSS 29.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan motivasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado. Selanjutnya, secara parsial pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan motivasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi. Maka dari itu, disarankan agar lebih meningkatkan lagi pendidikan kewirausahaan terutama pada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat berwirausaha guna menciptakan wirausahawan baru kedepannya.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Diri, Minat Berwirausaha

 

Downloads

Published

2024-07-19