PENGARUH BRAND IMAGE, SOCIAL MEDIA MARKETING, DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA PRODUK CONVERSE DI MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Lingkan Hanna Tambun Universitas Sam Ratulangi
  • Maryam Mangantar Universitas Sam Ratulangi
  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56459

Abstract

Salah satu hal yang mempengaruhi impulse buying yaitu memenuhi keinginan konsumen akan suatu produk sehingga memberikan kepuasan yang semaksimal mungkin terhadap konsumen. Dalam meningkatkan impulse buying, brand image, pemasaran melalui media sosial, dan pemberian diskon yang menarik juga sangat menentukan keberhasilan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand image, social media marketing, dan discount terhadap Impulse Buying pada produk Converse di Manado Town Square. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk Converse di Manado Town Square. Besarnya sampel dalam penelitian ini diperoleh melalui perhitungan rumus Slovin, yaitu 94 responden. Metode penelitian menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Melalui uji statistik ini dapat dilihat bagaimana variabel-variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand image ternyata tidak memiliki pengaruh terhadap variabel impulse buying pada produk Converse di Manado Town Square, social media marketing ternyata tidak memiliki pengaruh terhadap variabel impulse buying pada produk Converse di Manado Town Square, discount ternyata memiliki pengaruh terhadap variabel impulse buying pada produk converse di Manado Town Square. Brand image, social media marketing, dan discount ternyata memiliki pengaruh secara simultan terhadap impulse buying pada produk converse di Manado Town Square.

Kata Kunci: Brand Image, Social Media Marketing, DIscount, Impulse Buying

Downloads

Published

2024-07-10