PENGARUH INOVASI PRODUK, WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI PELANGGAN PADA UMKM STUDI KASUS COUSIN COFFEE DI KOTA TOMOHON

Authors

  • Barryl Sualang Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepeno
  • Jane G. Poluan

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56487

Abstract

Adanya persaingan dengan kedai kopi yang ada di kota Tomohon, Cousin Coffee harus berusaha mempertahankan konsumen melalui strategi pemasaran yaitu menarik Minat Beli pelanggan, Minat Beli penting untuk memahami perilaku konsumen. Maka dapat dikatakan bahwa Minat Beli merupakan faktor penting dalam proses perilaku pembelian, karena banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti inovasi, strategi pemasaran, persepsi konsumen, opini pribadi. Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk ,Word of Mouth dan Citra Merek terhadap terhadap Minat Beli pelanggan Cousin Coffee. Penelitian ini merupakan explanatory study yang menyelidiki hubungan sebab akibat antar variabel dengan menggunakan pengujian hipotesis dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. sampel dalam pelnelitian ini menggunakan metode non probability sampling, Kemudian teknik yang digunakan untuk mengambil sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 105 responden. Hasi penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Inovasi Produk, Word of Mouth, Citra Merek berpengaruh terhadap Minat Beli, selanjutnya secara parsial Inovasi Produk tidak berpengaruh terhadap Minat beli, dan secara parsial Word of Mouth dan Citra merek berpengaruh terhadap minat beli.

Kata Kunci: Inovasi Produk, Word of Mouth, Citra Merek, Minat Beli

Downloads

Published

2024-07-16