ANALISIS PENGARUH LIVE STREAMING DAN CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DIMEDIASI OLEH KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PAKAIAN THRIFT WANITA TOKO CIA CLOTHINGS DI FACEBOOK GROUP RUMAH LIVE ONLINE MANADO (RLOM)

Authors

  • Dewi Ariska Reosunaung Universitas Sam Ratulangi
  • Stanss L. H. V. J. Lapian
  • Sjendry Serulo Rommy Loindong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56505

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Live Streaming dan Consumer Reviews terhadap Kepuasan
Pelanggan Dimediasi oleh Keputusan Pembelian pada Pakaian Thrift Wanita Toko Cia Clothings di Facebook Group Rumah Live Online Manado (RLOM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural equation modeling (SEM). Data ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling terhadap 509.000 populasi. Hasil sebaran kuesioner terhadap 100 responden kemudian dianalisis dengan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menegaskan bahwa Live Streaming berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikansi path coefficient sebesar 0,535 dan p-value sebesar 0.000. Sebaliknya, Live Streaming tidak berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan p-value sebesar 0,087. Consumer Reviews
berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai path coefficient 0,315 dan p-value 0,001 sedangkan terhadap Keputusan Pembelian, Consumer Reviews tidak memiliki pengaruh karena nilai p-value sebesar 0,306. Keputusan Pembelian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan, nilai p-value sebesar 0,015 path coefficient 0,276. Terdapat pengaruh mediasi yang signifikan antara Live Streaming terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian. Hal tersebut karena nilai p-value sebesar 0,020 dan path coefficient sebesar 0,148. Di sis lain, tidak ditemukan pengaruh mediasi antara Consumer Reviews dan Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian dengan nilai p-value sebesar 0,403.

Kata Kunci : Live Streaming, Consumer Reviews, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2024-07-16