TRUST SEBAGAI PEMEDIASI PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN BRAND AWARENESS TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA E-COMMERCE SHOPEE OLEH KONSUMEN DI KECAMATAN AIRMADIDI

Authors

  • Bheverly Michelly Montolalu Unsrat
  • Imelda W.J Ogi
  • Michael CH Raintung

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56568

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Online Customer Review dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai variabel pemediasi pada platform e-commerce Shopee. Studi dilakukan terhadap konsumen di Kecamatan Airmadidi yang berjumlah 98 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan model analisis jalur. Data Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review dan Brand Awareness memiliki pengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Selain itu, Trust terbukti memediasi pengaruh antara Online Customer Review dan Brand Awareness terhadap Purchase Intention. Implikasi praktis dari penelitian ini memberikan wawasan bagi manajemen e-commerce untuk fokus pada peningkatan kepercayaan konsumen melalui pengelolaan ulasan online dan kesadaran merek.

 

Kata Kunci: Online Customer Review, Brand Awareness, Trust, Purchase Intention, E-commerce, Shopee

Downloads

Published

2024-07-16