Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale dan Shopping Lifestyle terhadap impulse buying pada pengguna E-commerce Zalora di Kota Manado

Authors

  • Fitriani Pratiwi Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya Mandey
  • Jeffry Tampenawas

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56634

Abstract

Kemajuan internet telah memberikan dampak besar pada gaya hidup masyarakat, termasuk di Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale, dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada pengguna e-commerce Zalora di Kota Manado. Jenis penelitian ini adalah asosiatif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dihitung menggunakan rumus Lameshow dan menggunakan pengambilan sampel teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisi regresi linear berganda sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F dan Uji T. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 26. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale, dan Shopping Lifestyle secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying. Sedangkan uji parsial menunjukkan bahwa Hedonic Shopping Motivation berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, Flash Sale tidak berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying, dan Shopping Lifestyle berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying.

Kata Kunci: Hedonic Shopping Motivation, Flash Sale, Shopping Lifestyle, Impulse Buying

Downloads

Published

2024-07-26