Pengaruh Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Sulutgo Kantor Cabang Calaca Di Manado

Authors

  • Jullian Jeremy Waleleng Mahasiswa
  • Bernhard Tewal
  • Bode Lumanauw

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.56887

Abstract

Manusia sebagai suatu sumber daya mempunyai taraf kompetensi dan kepuasan kerja yang berbeda-beda. Perusahaan, terlebih khusus perusahaan di bidang perbankan juga mempunyai taraf perencanaan serta pemberian kompensasi yang berbeda pula dengan harapan setiap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kepuasan kerja dan (2) kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan di Bank Sulutgo Kantor Cabang Calaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode observasi dan kuesioner kepada karyawan Bank Sulutgo Kantor Cabang Calaca dengan populasi sebanyak 56 orang dan sampel penelitian sebanyak 30 orang melalui metode purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan peranti lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompetensi tidak berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja, Kompensasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja.

Kata Kunci: Kompentensi, Kompensasi, Kepuasan Kerja, Structural Equation Modeling (SEM), SmartPLS 4.

Downloads

Published

2024-07-26