Analisis Penerapan Reward Finansial dan Non-Finansial dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan di Luwansa Hotel and Convention Center Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57005Abstract
Kehadiran sumber daya manusia (SDM) berperan krusial dalam mengukir jejak keberhasilan perusahaan menuju puncak pencapaian tujuan yang ditetapkan. Karyawan yang mampu mengoptimalkan produktivitasnya serta menunjukkan kinerja unggul akan menjadi pilar kokoh bagi perusahaan, memberikan landasan yang kuat untuk meraih tujuan yang telah disepakati dengan lebih mudah dan efisien.Perusahaan yang akan diteliti oleh peneliti yaitu Luwansa Hotel and Convention Center Manado. Penelitian ini menggunakan pendekatan dari jenis deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran reward finansial dan non-finansial dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan Luwansa Hotel And Convention Center Manado. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reward finansial memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan di Luwansa Hotel and Convention Center Manado. Pemberian reward berupa gaji, tunjangan dan bonus menjadi faktor utama bagi karyawan di Luwansa Hotel and Convention Center Manado untuk bekerja secara produktiv. Reward non-finansial memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan di Luwansa Hotel and Convention Center Manado. Pemberian reward berupa vocher nginap, bingkisan, piagam, promosi, makan gratis, pulsa, hari libur dan BPJS menjadi faktor pendukung bagi karyawan di Luwansa Hotel and Convention Center Manado untuk bekerja secara produktiv.
Kata Kunci: Reward Finansial, Reward Non-Finansial, Produktivitas Kerja Karyawan