Pengaruh Corporate Reputation dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia oleh Konsumen Desa Tateli Satu yang dimediasi Oleh Trust

Authors

  • Alice Maria Dasser Universitas Sam Ratulangi
  • Lucky O.H Dotulong Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Pengaruh Corporate Reputation dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di E-Commerce Tokopedia oleh Konsumen Desa Tateli Satu yang dimediasi oleh Trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode structural equation modeling (SEM). Data dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling dari 100 responden dan dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menegaskan bahwa corporate reputation berpengaruh signifikan dengan p-value (0,001) terhadap trust. Keamanan berpengaruh signifikan dengan p-value (0,000) terhadap trust. Trust berpengaruh signifikan dengan p-value (0,000) terhadap keputusan pembelian. Corporate reputation berpengaruh signifikan dengan p-value (0,003) terhadap keputusan pembelian. Keamanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai p-value (0,189). Terdapat pengaruh mediasi antara corporate reputation terhadap peningkatan keputusan pembelian melalui trust dengan p-value (0,006). Keamanan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian melalui trust dengan p-value (0,008).

Kata Kunci: corporate reputation, keamanan, trust dan keputusan pembelian

Downloads

Published

2024-07-29