Pengaruh Keragaman Menu dan Potongan Harga terhadap terhadap Keterikatan Merek pada Starbucks Manado Town Square

Authors

  • Agnes Christin Natalia Singgih Universitas Sam Ratulangi
  • Victor P.K Lengkong Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keragaman menu dan potongan harga terhadap
keterikatan merek dengan konsumen pada Starbucks Manado Town Square. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi
yang digunakan yaitu seluruh pelanggan Starbucks Manado Town Square. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling sehingga jumlah sampel yang diteliti sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode pembagian kuesioner yang menggunakan instrument Skala Likert
6-point. Selanjutnya penulis mengolah data hasil penelitian menggunakan software SPSS 29.0. Berdasarkan hasil
perhitungan, regresi didapatkan konstanta -5,495, b1 0,503, b2 0,417 pada koefisien determinan (KD) diperoleh
R2(R Square) sebesar 0,505 atau (50,5%). Sedangkan sisanya sebesar 49,5% dipengaruhi variabel lain. Dari hasil
uji hipotesis uji t parsial didapatkan X1 dan Y t hitung ≥ t tabel (3,902 ≥ 1,985) maka Ho ditolak atau Ha diterima,
X2 dan Y t hitung ≥ t tabel (2,328 ≥ 1,985) maka Ho ditolak atau Ha diterima dengan tingkat ɑ sebesar 5%, pada uji
F simultan antara keragaman menu dan potongan harga dapat disimpulkan bahwa nilai F hitung ≥ F tabel (47,925 ≥
3,090) kesimpulannya maka Ho ditolak atau Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial dan simultan
terdapat pengaruh positif dan signifikan.

Kata Kunci : Keragaman Menu, Potongan Harga, Keterikatan Merek

Downloads

Published

2024-08-26