Pengaruh Product Variety dan Cita Rasa terhadap Preferensi Konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57531Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh product variety dan cita rasa secara simultan terhadap preferensi konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi penelitian yaitu seluruh konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang dibagikan kepada 97 responden. Model pegelolaan data yang digunakan untuk menganalisis data adalah regresi linear berganda dari software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini F hitung yang diperoleh adalah 177,155 > 3,090 dan tingkat yang diperoleh 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa product variety dan cita rasa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado. Variabel product variety secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen, dikarenakan nilai t hitung 6,365 > 1,985 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel cita rasa secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen, dikarenakan nilai t hitung 3,648 > 1,985 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa variabel product variety dan cita rasa terbukti secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen UMKM Aneka Kue di Pasar Bahu Kota Manado.
Kata Kunci : Product Variety, Cita Rasa, Preferensi Konsumen.