PENGARUH GREEN MARKETING DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN BIGFISH MANADO

Authors

  • Nadia Kawengia UNSRAT
  • Lucky O.H. Dotulong Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. ` Samadi Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Peningkatan usaha restaurant ini juga diiringi dengan tingkat kesadaran masyarakat akan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup yang  ada di air maupun di darat yang berdampak terhadap perubahan ekosistem, preferensi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian sangan dibutuhkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Ikan hasil budidaya di Restaurant Big Fish di kota Manado.. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Pada penelitian ini sumber data yang digunakan adalah data primer dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan alat analisis data statistik dan statistika program IBM SPSS Statistic versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Ikan hasil budidaya, dan Harga juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Ikan hasil budidaya. Selain itu, dalam penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan Harga dapat memberikan pengaruh besar. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian.

 

Kata Kunci: Green Marketing, Harga, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2024-09-25