Pengaruh E-Commerce Live Streaming Service Dan Keterlibatan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Kanino PremiumClothing Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57720Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan live streaming e-commerce dan keterlibatan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Kanino Premium Clothing di Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan Kanino Premium Clothing yang telah mengikuti live streaming dan melakukan pembelian melalui platform tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata dari pelanggan yang melakukan pembelian lewat live streaming. Sampel diambil menggunakan Slovin dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (layanan live streaming e-commerce dan keterlibatan pelanggan) dan variabel dependen (loyalitas pelanggan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan live streaming e-commerce memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Keterlibatan pelanggan juga ditemukan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kedua variabel independen tersebut secara bersama-sama mampu menjelaskan variasi loyalitas pelanggan pada tingkat yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan layanan live streaming e-commerce dan peningkatan keterlibatan pelanggan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan pada toko Kanino Premium Clothing di Manado.
Kata Kunci : E-commerce Live Streaming Service, Keterlibatan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan