PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PT. TELKOM INDONESIA CABANG MANADO

Authors

  • Idelvia Mangiwa Universitas Sam Ratulangi
  • Merlyn M. Karuntu Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57733

Abstract

Dalam dunia bisnis di era digitalization ini ditandai dengan persaingan yang semakin ketat, perubahan lingkungan yang cepat membuat sulit diprediksi terutama pada perusahaan jasa. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu memperhatikan kinerja agar memperoleh pelayanan yang unggul, karena kualitas menjadi aspek utama yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Total Quality Management (TQM) yang mencakup kepemimpinan, fokus pada pelanggan, perbaikan berkelanjutan, dan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja manajerial PT. Telkom Indonesia cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sampling dengan sampel penelitian berjumlah 35 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepemimpinan, fokus pada pelanggan dan perbaikan berkelanjutan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel kinerja manajerial. Dan variabel pendidikan dan pelatihan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Sedangkan secara simultan seluruh variabel Total Quality Management berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja Manajerial. Maka dari itu pihak perusahaan lebih meningkatkan segala aspek dalam perusahaan terutama dalam peningkatan kualitas.

Kata Kunci: Total Quality Management, Kepemimpinanm, Fokus pada Pelanggan, Perbaikan Berkelanjutan, Pendidikan dan Pelatihan, Kinerja Manajerial.

 

Downloads

Published

2024-09-19