PENGARUH CONTENT MARKETING, ONLINE COSTUMER REVIEW, DAN PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE PADA MASYARAKAT DESA SEA MITRA

Authors

  • Berkat Wijaya Manurung Universitas Sam Ratulangi
  • Lucky O.H. Dotulong
  • Sjendry S. R. Loindong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57762

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Content Marketing, Online Costumer Review dan Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Marketplace Shopee pada masyarakat desa Sea Mitra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling terhadap 1.062 populasi. Hasil sebaran kuesioner terhadap 91 responden kemudian dianalisis dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menegaskan bahwa Content Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung 3,131 > t tabel 1.987 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Online Costumer Review berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung 2,227 > t tabel 1.987 dengan tingkat signifikan sebesar 0,029 < 0,05. Promo Gratis Ongkos Kirim berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung 2,943 > t tabel 1.987 dengan tingkat signifikan sebesar 0,004 < 0,05. Dan Content Marketing, Online Costumer Review dan Promo Gratis Ongkos Kirim secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai F hitung yang diperoleh adalah 14,236 > 2.47 dan tingkat signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05.

Kata Kunci: Content Marketing, Online Costumer Review, Promo Gratis Ongkos Kirim, dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2024-09-11