Pengaruh Live Streaming, Konten Instagram Story, dan Online Customer Review terhadap Purchase Decision Produk Suplemen Herbal pada PT Bhineka Rahsa Nusantara
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57767Abstract
Kemunculan teknologi yang menyediakan platformuntuk mempublikasikan content dimanfaatkan sebagai media marketing sehingga norma pemasaran mengalami pergeseranatau perubahan karena adanya sosial media. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming, kontenInstagram story, dan online customer review terhadappurchase decision produk suplemen herbal pada PT BhinekaRahsa Nusantara secara parsial dan secara simultan. Jenispendekatan yang diaplikasikan yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian inimenggunakan probability sampling. Pengumpulan data informasi dalam penelitian ini menggunakan kuesionerdengan menggunakan skala likert yang dibagikan kepada 100responden konsumen produk suplemen herbal PT BhinekaRahsa Nusantara. Model pengelolaan data yang digunakanuntuk menganilisis data adalah regresi linear berganda darisoftware SPSS versi 29. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa live streaming, konten Instagram story, dan online customer review berpengaruh secara simultan dan signifikanterhadap purchase decison. Variabel live streaming dan konten Instagram story secara parsial berpengaruh postif dan signifikan terhadap purchase decision. Sedangkan variabelonline customer review secara parsial tidak berpengaruhsignifikan terhadap purchase decision. Maka dari itu, dapatdisimpulkan bahwa strategi marketing melalui live streamingdan konten Instagram story lebih efektif dalam menstimuluskonsumen untuk melakukan pembelian produk suplemenherbal pada PT Bhineka Rahsa Nusantara.
Kata Kunci : Live Streaming, Konten Instagram Story, Online Customer Review, Purchase Decision.