Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Koel Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57795Abstract
Di era globalisasi ini perkembangan bisnis di Indonesia terus berkembang, salah satu tanda perkembangannya adalah ketatnya persaingan dalam dunis bisnis coffe shop. Dengan persaingan yang ketat menuntut pelaku bisnis untuk beradu strategi yang tepat agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Koel Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli di Kedai Koel Manado. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 96 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regesi linier berganda dengan bantuan progam SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan Kualitas Produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan Konsumen. Secara simultan Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Koel Manado. Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan tetap menjaga Kualitas Produk yang ada agar dapat selalu diterima dikalangan masyarakat dan bisa menambah keuntungkan bagi pihak Kedai Koel.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, kepuasan konsumen