Pengaruh Hedonic Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Pembelian Impulsif Konsumen (Studi pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado Pengguna TikTok Shop))

Authors

  • Aisyah Radhwa Paradiba Universitas Sam Ratulangi
  • Indrie D. Palandeng Universitas Sam Ratulangi
  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Hedonic Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation terhadap Pembelian Impulsif pada Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado pengguna TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis menggnakan uji T dan uji F. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS 26. Hasil uji simultan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hedonic Lifestyle dan Hedonic Shopping Motivation secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Sedangkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa Hedonic Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pembelian Impulsif, dan Hedonic Shopping Motivation juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola TikTok Shop dan pemasar untuk memahami perilaku konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk menarik konsumen.

Kata Kunci: Hedonic Lifestyle, Hedonic Shopping Motivation, Pembelian Impulsif

Downloads

Published

2024-09-11