Pengaruh Fear of Missing Out, Trend Fashion, dan Harga Terhadap Minat Beli pada Produk Crocs di Manado Town Square

Authors

  • Dhea Yohana Syalom Sorongan Universitas Sam Ratulangi
  • Maria V.J. Tielung Universitas Sam Ratulangi
  • Arrazi Hasan Jan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.57927

Abstract

Industri fashion modern berkembang pesat, menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Diperkirakan miliaran dolar dihabiskan setiap tahunnya untuk pakaian dan aksesoris, dan industri ini terus berkembang dengan munculnya tren baru, merek baru, dan platform belanja online. Saat ini produk fashion yang sangat diminati di kalangan masyarakat salah satunya adalah alas kaki atau sepatu, penggunaan alas kaki tidak hanya dilihat dari nyaman dipakai saja tapi juga di lihat dari model yang sedang trend. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Fear of Missing Out, Trend Fashion dan harga terhadap minat beli pada produk Crocs di Manado Town Square. Jenis pendekatan kajian yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Accidental Sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan menggunakan skala likert yang dibagikan kepada 100 responden. Model pengelolaan data yang digunakan adalah regresi linear berganda dari software SPSS versi 27. Hasil penelitian ini F hitung yang diperoleh adalah 135.633 > 3,090 dan jika dilihat berdasarkan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 artinya Fear of Missing Out (X1) Trend Fashion (X2) dan harga (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat beli pada produk Crocs di Manado Town Square. Variabel Fear of Missing Out secara pasrial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai t hitung 3,641 > dari t tabel 1,984 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Variabel Trend Fashion secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Dengan nilai t hitung 6.340 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai t hitung 3.499 > t tabel 1,984 dengan tingkat signifikan sebesar 0,001 < 0,05.

Kata Kunci : Fear of Missing Out, Trend fashion, Harga dan Minat beli

Downloads

Published

2024-09-17