PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP WORD OF MOUTH MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN MINUMAN BUAVITA DI KECAMATAN LANGOWAN BARAT

Authors

  • Enjelika Kireine Manorek Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy S. Wenas
  • Christoffel M.O. Mintardjo

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58068

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Experiential Marketing dan Kualitas Produk terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Minuman Buavita di Kecamatan Langowan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian menggunakan SmartPLS. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan literatur. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh konsumen dengan golongan Dewasa muda Usia 20-34 di Kecamatan Langowan Barat, yang berjumlah 3739 orang dengan sampel sebanyak 97 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Experiential marketing tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 2) Kualitas Produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 3) Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap word of mouth  pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 4) Experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan pelanggan  pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 5) Kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan pelanggan  pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 6) Experiential marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth melalui kepuasan pelanggan pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat. 7) Kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth melalui kepuasan pelanggan pada konsumen minuman buavita di Kecamatan Langowan barat.

Kata kunci : experiential marketing, kualitas produk, word of mouth, dan kepuasan pelanggan

Downloads

Published

2024-09-17