PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN SIKAP PROFESIONALISME PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS KESEHATAN BITUNG
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58083Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan sikap profesionalisme pegawai Pada Kinerja Pegawai dimediasi Kepuasan Kerja pada Kantor Kesehatan Bitung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor Kesehatan Bitung, yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan analis jalur serta dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) berpengaruh secara langsung terhadap Kepuasan Kerja di Kantor Kesehatan Bitung, (2) Sikap Profesionalisme Pegawai berpengaruh secara langsung terhadap Kepuasan Kerja di Kantor Kesehatan Bitung, (3) Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kesehatan Bitung, (4) Sikap Profesionalisme Pegawai berpengaruh secara langsung terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kesehatan Bitung, (5) Kepuasan Kerja secara langsung berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kesehatan Bitung, (6) Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dimediasi Kepuasan Kerja di Kantor Kesehatan Bitung, dan (7) Sikap Profesionalisme Pegawai tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai dimediasi Kepuasan Kerja di Kantor Kesehatan Bitung.
Kata Kunci: Standar Operasional Prosedur, Sikap Profesionalisme Pegawai, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai