STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO BERBASIS EKONOMI KREATIF RUMAH KOPI DI KECAMATAN MALALAYANG
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58141Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Usaha Mikro Berbasi Ekonomi Kreatif Rumah Kopi Di Kecamatan Malalayang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdeskriptif dengan menggunakan analisis SWOT. Sampel dalampenelitian ini berjumlah 5 Rumah Kopi Modern yang ada di KecamatanMalalayang.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakananalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaStrategi pemasaran terdiri yaitu strategi produk, strategi harga, tempat/lokasi dan promosi. Strategi produk berkaitan denganpembentukan citra, persaingan dengan kompetitor dan desain produkstrategi harga berkaitan dengan penekanan harga jual, persaingan hargadan harga sesuai dengan BEP. Strategi lokasi berkaitan denganpemilihan lokasi berdasarkan dekat dengan konsumen. Dan strategi promosi berkaitan dengan promosi dengan media sosial, kolaborasidengan pihak lain, dan pemberian giveaway bagi pelanggan. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa kreatifitas berkaitan dengan tata ruang dan pencahayaan. Inovasi berkaitan dengan menyediakan 2 atau 3 varian jenis produk minuman kopi yang paling laris dalam bentukliteran, pengembangan varian rasa baru yaitu pencapuran rasa kopi dengan bahan campuran lainnya, memberikan menu pelengkap kopi seperti minuman lain selain kopi dan cemilan dan penggunaan sitempemesanan dengan menggunakan smartphone.
Kata Kunci: strategi pemasaran, ekonomi kreatif