PENGARUH FITUR LAYANAN DAN REVIEW PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI DI KECAMATAN KALONGAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58144Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh fitur layanan dan review produk terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk pakaian pada e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud, yang berjumlah 943 orang. Penelitian ini menggunakan analis jalur serta dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Fitur Layanan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Keputusan Pembelian e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, (2) Review Produk berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Keputusan Pembelian e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, (3) Fitur Layanan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Konsumen e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, (4) Review Produk berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Konsumen e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, (5) Keputusan pembelian berpengaruh signifikan secara langsung terhadap Kepuasan Konsumen e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, (6) Fitur Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kepuasan Konsumen e-commerce shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan, dan (7) Review Produk tidak berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee di Kecamatan Kalongan Kabupaten Kepulauan Talaud.
Kata Kunci: Fitur Layanan, Review Produk, Keputusan Pembelian, Kepuasan Konsumen