Analisis Penerapan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Grup Jual Beli Silian Raya
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58225Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana volume penjualan dapat meningkat pada Grup Jual Beli Silian Raya dengan penerapan strategi pemasaran 7P. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data dengan menguraikan gambaran strategi pemasaran 7P dalam peningkatan volume penjualan pada Grup Jual Beli Silian Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pemasaran pada Grup Jual Beli Silian Raya terbukti dapat meningkatkan penjualan. 2) Penerapan strategi pemasaran 7P pada Grup Jual Beli Silian Raya menunjukkan dampak positif terhadap penjualan. 3) Tingkat keberhasilan penerapan strategi pemasaran 7P (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik) pada Grup Jual Beli Silian Raya dapat dianggap cukup berhasil.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran 7P, Penjualan, Grup Jual Beli Silian Raya