Analisis Pengaruh Market Maven Dan Country Of Origin Terhadap Kepercayaan Pelanggan Pada Produk Merek Nature Republic Di Kota Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v12i03.58461Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Market Maven dan Country of Origin terhadap Kepercayaan Pelanggan pada produk merek Nature republic di Kota Manado. Jenis pendekatan kajian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan menggunakan kuesioner yang dinilai berdasarkan poin dengan skala likert. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden yang merupakan Gen Z di Kota Manado. Model pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan SPSS 27 sebagai alat statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa market maven dan country of origin secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan pelanggan pada produk merek Nature Republic di Kota Manado. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi merek Nature Republic untuk memanfaatkan market maven untuk membantu merekomendasikan produk kepada orang lain serta country of origin untuk meningkatkan jumlah konsumen terutama konsumen yang memiliki tingkat fanatisme tinggi terhadap negara Korea Selatan.
Kata Kunci : Market Maven, Country of Origin, Kepercayaan Pelanggan, Nature Republic