PENGARUH VIRAL MARKETING, EMOTIONAL BRANDING, DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA FELLOW COFFEE MANADO

Authors

  • Joshalyn Christabela Ribka Salarupa universitas sam ratulangi
  • Altjle L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.59150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Viral Marketing, Emotional Branding, dan Customer Experience terhadap Keputusan Pembelian pada Fellow Coffee Manado. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling terhadap 1.468 populasi. Hasil sebaran kuisioner terhadap 100 responden kemudian dianalisis dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menegaskan bahwa Viral Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai t hitung 2,860 > t tabel 1.660 dengan  tingkat signifikan sebesar 0,005 < 0,05. Emotional Branding berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan dengan nilai t hitung 2,749 > t tabel 1.660 dengan   tingkat signifikan sebesar 0,007 < 0,05. Customer Experience dengan nilai t hitung 4,849 > t tabel 1.660 dengan  tingkat signifikan sebesar <0,001 < 0,05. Dan Viral Marketing, Emotional Branding, dan Customer Experience secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai f hitung yang diperoleh adalah 61,722 > 2.70 dan tingkat signifikan yang diperoleh adalah 0,001 < 0,05.

Kata Kunci: Viral Marketing, Emotional Branding, Customer Experience, dan Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2025-01-24