KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN AFTER SALES SERVICE PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DI AMURANG

Authors

  • Faine Phoebby Ruusen Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adolfina p Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Imelda Ogi Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.3.2014.5920

Abstract

Teknologi yang semakin modern dan kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesatsehingga terjadinya persaingan antar perusahaan yang dituntut untuk mampu bersaing dalam persaingan global.Persaingan dunia usaha semakin kompetitif yang mengakibatkan perusahaan harus berusaha menjadi yang pemenang dalam memasarkan produknya dan juga semakin dituntut untuk mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara bersama kualitas pelayanan, promosi, dan after sales service terhadap kepuasan konsumen sepeda motor Honda  PT. Nusantara Surya Sakti di Amurang.Metode penelitian yang digunakan asosiatif dengan teknik analisis regresi linear berganda.Sampel yang digunakan 100 responden dari populasi 998 pada tahun 2013.Hasil penelitian menunjukkankualitas pelayanan, promosi, dan after sales service berpengaruh signifikan secara bersama terhadap kepuasan pelanggan/konsumen namun secara parsial after sales service tidak berpengaruh dan tidak signifikan.Saran bagi manajemen PT. Nusantara Surya Sakti di Amurang, sebaiknya manajemen perusahaan mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan sesudah pembelian (after sales service) agar pelanggan merasa puas.

Kata kunci: kualitas pelayanan, promosi, kepuasan konsumen

Author Biographies

Faine Phoebby Ruusen, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Adolfina p, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Imelda Ogi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-10-30